Minggu, 14 Maret 2010

Meningkatkan Daya Ingat 2

2. Tips Mengingat Password ATM atau Website

a. Bentuklah nomor-nomor Anda

Buatlah satu bentuk untuk setiap nomor, sebagai contoh: 0 seperti bola atau ring; 1 adalah pena; 2, angsa (swan); 3 seperti borgol tangan; 4, perahu layar; 5, seorang wanita hamil; 6, pipa cerutu; 7, boomerang; 8, mainan anak snowman; dan 9 adalah raket tenis.
Untuk mengingat PIN ATM (katakanlah 4298), imajinasikan diri Anda sedang ada di sebuah perahu layar (4), ketika angsa (2) berusaha menyerang Anda. Anda memukulnya dengan raket tenis (9), dan angsa berubah menjadi snowman (8).

b. Menyamakan bunyi akhir nomor-nomor password Anda dengan kata-kata tertentu (Rhyming).

Pikirkan kata-kata yang mempunyai bunyi akhir yang sama dengan nomor-nomor 1 s.d. 9 (contoh batu dengan 1, andalan untuk 9, dll.) Kemudian buatlah suatu cerita menggunakan kata-kata yang mempunyai bunyi akhir sama, misal password Anda 1973, batu (1) andalan (9) terlempar menuju (7) ke iga (3) musuh.

3. Tips Mengingat Di Mana Meletakkan Kunci Rumah / Kacamata

a. Merunut/mengurutkan kejadian-kejadian.

Beri perhatian pada apa yang sedang Anda lakukan pada saat Anda meletakkan kunci rumah atau kacamata Anda pada meja terakhir. Ingatkan diri Anda, “Saya menyimpan kunci rumah dalam saku celanaku,” sehingga Anda mempunyai ingatan yang jelas melakukan hal ini.

b. Buatlah suatu kebiasaan (habit).

Letakkan tempat penyimpanan (wadah) kecil pada sisi meja. Usahakanlah diri Anda untuk meletakkan kunci-kunci, kacamata, ponsel, atau barang-barang lain yang biasa digunakan dalam suatu wadah tersebut – setiap saat.


TOEFL iBT Tips
Bersambung ke postingan berikutnya …
Cara Meningkatkan Daya Ingat (Memori Otak) Jilid 3 - membahas tentang Tips Mengingat Aktivitas / Tugas-tugas yang Harus Dikerjakan, Tip Mengingat Judul Film, Tips Di Mana Memarkirkan Mobil / Kendaraan Anda

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar