Jumat, 28 September 2012

Mengurangi Kecemasan


M


cemas menghadapi ujian? :D memang apa sih yang perlu dicemaskan? :D sebenarnya kita cemas karena kita tidak siap :D. kita siap secara lahir atau kita tidak siap secara batin bahkan yang parah ada juga yang tidak siap secara lahir batin :p.

apa itu tidak siap secara lahir? :D tidak siap secara lahir, kita tidak mengerti pelajaran tersebut :D. sebabnya yah banyak :D, misalnya karena kita hanya mencatat saja di kelas atau kita ngobrol di kelas atau lainnya :D. tidak siap secara lahir bukan hanya ada di dalam kelas ketika kita menerima pelajaran saja :D. tapi di rumah dan di tempat les kita juga tidak mau mempersiapkan lahir kita :D.

itu semua karena kita lebih berfokus pada kesenangan kita saja dan lupa akan tujuan kita bersekolah :D. padahal kalo itu mau mencoba mengerti apa yang diajarkan di kelas, maka kita akan lebih mudah memahaminya ketika mengulangnya sekali lagi :D. bahkan pelajaran seperti matematika kita tidak perlu lagi belajar dalam menghadapi ujian :D.

tapi memang waktu di sekolah itu tidak cukup, karena harus berganti-ganti pelajaran setiap harinya :D. dengan berganti-ganti pelajaran maka banyak juga yang perlu dipahami :D. oleh karena itulah terkadang kita perlu waktu tambahan di rumah untuk mengulang hingga kita benar-benar paham :D. nah setelah mengulang di rumah dan ada yang benar-benar tidak dipahami, ada baiknya pergi ke Bim-Bel sibawel untuk mendapatkan bimbingan lebih lanjut :D.

fungsi Bim-Bel sibawel di sini adalah untuk membantu pemecahan masalah yang tidak dipecahkan sendiri :D. selain itu tentunya adalah untuk menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang pendidikan, agar nantinya bisa mengambil manfaat dari pembelajaran di sekolah untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari :D.

kembali ke topik lagi :D. itulah manfaatnya kalo kita berusaha untuk mengerti :D. karena dengan mengerti apa yang dipelajari, maka tidak akan ada lagi kecemasan :D. jangan takut belajar :D. belajar itu banyak manfaatnya :D. dan belajar juga tidak identik dengan menghabiskan waktu kok :D. asal mau mencoba mengerti selama 1 sampai 2 jam sehari diluar jam sekolah kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam bahkan 24 jam untuk belajar menjelang ujian :D. jadi cobalah sisihkan waktu 1-2 jam sehari untuk belajar, karena kita hidup itu tidak ada yang instan :D. seperti kata pepatah ‘perjalanan seribu langkah dimulai dari langkah pertama’ :D.

nah itu baru yang kesiapan kita secara lahir :D. tapi terkadang walau lahirnya sudah siap, batinnya tidak siap, hingga rasa cemas tiba-tiba saja muncul :D. kenapa rasa cemas itu bisa muncul, karena pada dasarnya kita kurang percaya diri :D. karena kurang percaya diri, maka pikiran kita akan muncul banyak sekali pertanyaan :D. pertanyaan-pertanyaan itu pada dasarnya tidak berhubungan dengan ujian itu sendiri :D.

ada beberapa tips untuk mengatasi kecemasan itu, misalnya dengan membuat daftar hal-hal yang kita butuhkan, misalnya alat tulis yang berfungsi, kartu ujian, seragam atau lainnya, hingga kita bisa menyiapkan segalanya tanpa tertinggal 1 pun juga :D.

tips lainnya adalah kita harus cukup tidur atau beristirahat :D. dengan cukup tidur, kita hanya berfokus pada ujian itu sendiri, sedangkan kalo kita kurang tidur maka banyak hal-hal yang tidak penting tapi kita anggap penting sehingga kita tidak pernah merasa siap-siap :D.

tips lainnya lagi adalah lebih sering berlatih dengan mengunakan waktu :D. dengan menggunakan waktu atau alarm kita akan terbiasa dengan suasana ujian :D. dengan terbiasa dengan suasanya ujian kita tidak akan pernah panik lagi, walaupun harus menghadapi ujian mendadak :D.

nah itu semua adalah sedikit tips dari saya :D. ingat sekali lagi kemampuan yang kita punya itu tidak datang secara ajaib :D. perlu usaha dan tentunya waktu untuk mengasahnya :D. oleh karena itulah sedini mungkin kita harus menyiapkan diri untuk menjalani hal-hal penunjang :D.

dan untuk hal terakhir yang ingin saya sampaikan adalah jagalah kesehatan :D. kesehatan adalah hal paling berharga dalam hidup, jauh melebihi kekayaan :D. oke... sekian dulu yah :D. sampai jumpa di lain kesempatan :D. jangan lupa juga, kunjungi juga Bim-Bel si bawel yah :D.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar