Jumat, 28 September 2012

Wah, Minum Sebotol Air Bisa Tingkatkan Nilai Ujian?


Ada kemungkinan juga bahwa minum sebotol air bisa mengurangi kecemasan selama ujian berlangsung.
Sebelum ujian, coba deh minum sebotol air dulu./ Foto: IstimewaSebelum ujian, coba deh minum sebotol air dulu./ Foto: IstimewaKabar baik nih buat Anda yang sering menghadapi ujian atau tes; di sekolah, kampus atawa di tempat kerja.
Bawalah, dan minumlah sebotol air saat ujian berikutnya, dan Anda mungkin bisa meningkatkan nilai tes Anda secara signifikan, begitu menurut sebuah penelitian terbaru dari University of East London. Siswa yang membawa dan meminum sebotol air sesaat sebelum ujian dapat melakukan ujian tersebut dengan lebih baik, daripada mereka yang nggak sempat minum sebelumnya.
Seperti dilansir dari Lifehacker, para peneliti memperhitungkan nilai sebelumnya dari 447 orang siswa, sehingga ini bukan semata soal kecerdasan saja lho, jika sebagian murid yang memiliki nilai tinggi ternyata membawa (dan meminum) sebotol air sebelum ujian.
Jangan sampai stres kayak begini saat ujian lho./ Foto: IstimewaJangan sampai stres kayak begini saat ujian lho./ Foto: IstimewaPemimpin penelitian tersebut, Dr Chris Pawson menjelaskan kemungkinan ada beberapa alasan dalam hubungan antara membawa sebotol air (dan meminumnya) dengan pencapaian nilai ujian yang lebih baik.
Dr Pawson mengatakan bahwa minum sebotol air memiliki efek fisiologis pada fungsi kognitif otak. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tingkat dehidrasi sebesar 1% saja dari berat tubuh, akan mengurangi fungsi dan kemampuan berpikir Anda, sehingga masuk akal bahwa tercukupinya cairan tubuh sangatlah penting bagi kinerja mental Anda.
Ayo, jangan lupa minum air kaka!/ Foto: IstimewaAyo, jangan lupa minum air kaka!/ Foto: IstimewaAda kemungkinan juga bahwa minum sebotol air bisa mengurangi kecemasan selama ujian berlangsung. Psychology Today menjelaskan:"Dengan menawarkan pengalihan pikiran sesaat (saat menyeruput air minum), dapat memutuskan rantai kecemasan dan membebaskan pikiran untuk fokus pada tugas, sehingga pada akhirnya menimbulkan kinerja otak yang lebih baik."
Psychology Today juga berpendapat bahwa minum sebotol air mungkin akan mengaktifkan efekplasebo. Artinya nih, jika Anda meyakini sebotol air bakal meningkatkan kinerja otak Anda, keyakinan itu sendiri saja bisa meningkatkan kinerja Anda lho!
Jadi, jangan lupa bawa dan minum sebotol air pada ujian Anda berikutnya! **MS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar