Kamis, 18 April 2013

Tekhnik Cara Belajar Agar Mudah Menguasau Mata Pelajaran

tehnik cara belajar agar mudah menguasai mata pelajaran
tehnik cara belajar agar mudah menguasai mata pelajarantehnik cara belajar agar mudah menguasai mata pelajaran

Kembali ke zaman dulu semasa masih duduk di sma ada seorang guru yang mengajarkan saya tehnik cara mudah menguasai dan menghapal mata pelajaran dengan cepat.dan itu memang terbukti efektiv buat saya dan saya pun pernah mendapatkan prestasi di saat-saat itu.dan saya ingin berbagi teknik dan cara agar mudah menghapal mata pelajaran untuk adik-adik saya yang masih duduk di bangku sekolah semoga bisa efektif juga buat anda



cara belajar yang efektif agar mudah menguasai mata pelajaran

  1. baca kembali (diulang) bab yang telah di pelajari dan di jelaskan oleh guru.bacalah dengan suara yang jelas terdengar oleh telinga anda,dan membacanya jangan terlalu cepat dan juga terlalu lambat cukup yang sedang-sedang saja.kemudian tutup buku anda.
  2. siapkan alat tulis dan kertas lalu buatlah kesimpulan dengan membuat pertanyaan yang menjadi point penting dari bab mata pelajaran yang tadi anda baca.jangan membuat pertanyaan dengan jawaban yes atau no,juga betul atau salah tapi buatlah pertanyaan yang membutuhkan uraian dalam menjawabnya.setelah selesai anda istirahat dulu 10 menitan
  3. coba anda jawab kembali pertanyaan yang telah anda buat tadi.bila anda mampu menjawab dan menguraikannya anda boleh mencentangnya.tapi bila anda menjawabnya ragu-ragu dan terbata-bata silahkan buka kembali buku anda dan cari kembali jawabannya bila hapal tutup kembali dan ulangi lagi pertanyaannya sampai benar-benar hapal.lakukanlah langka-langkah di atas sampai seluruh pertanyaan yang anda buat anda kuasai jawabannya. 
  4. jeda dulu 30menit. untuk menguji seberapa bagus ingatan anda
  5. cobalah untuk menggunakan tehnik mengajar yaitu dengan menggunakan imaginasi anda bahwa anda ada di depan kelas dan di suruh guru untuk menjelaskan bab tadi. dan anda mengulang menjelaskan dari point-point yang telah anda buat berupa pertanyaan tadi.bila anda mampu menjelaskan kembali dengan jelas dan lantang.mak anda telah sukses dalam menghapal mata pelajaran yang telah guru anda berikan.
  6. gunakan tehnik ini untuk semua mata pelajaran yang telah di berikan guru di sekolahmu 
cukup sekian tipnya mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar